Kamis, 19 Juli 2012

The Rum Diary (alkohol dan kemanusiaan)


Directed by :Bruce Robinson
Produced by : Johnny Depp, Graham King, Christi Dembrowski, Anthony Rhulen, Robert Kravis, Tim Headington
Written by : Bruce Robinson (screenplay), Hunter S. Thompson (novel, The Rum Diary)
Starring : Johnny Depp, Aaron Eckhart, Michael Rispoli, Amber Heard, Richard Jenkins, Giovanni Ribisi, Amaury Nolasco, Marshall Bell, Bill Smitrovich, Julian Holloway, Karen Austin, Jason Smith
Music by :Christopher Young
Cinematography :Dariusz Wolski
Editing by : Carol Littleton Studio GGK Films/Infinitum Nihil/FilmEngine/Dark & Stormy Entertainment
Running time : 120 minutes
Country :United States
Language : English





THE RUM DIARY sebuah film yang diangkat dari novel karya Hunter S. Thompson dengan judul yang sama. Novel yang baru di terbitkan pada tahun 1998 ini sebenarnya sudah di tulis di awal tahun 1960 -an, namun pada saat itu belum ada penerbit yang mau nmenerbitkan novel tersebut. Akhinya johnny Deep lah yang turun tangan sendri untuk meyakinkan penerbit. Karena Johnny Deep dan Hunter S. Thompson adalah kawan dekat. Bisa di katakan film ini adalah proyek pribadi dari Johnny Deep. Film The Rum Diary produksi sekitar tahun 2000. Namun karna adanya banyak kendala yang membuat proses pengadaptasian novel ini terbengkalai, sampai pada tahun 2007 Graham King membeli hak adaptasi atas novel The Rum Diary akirnya proses awal pembuatan film ini di mulai kembali, dengan menempatkan Bruce Robinson sebagai sutradara The Rum Diary akhirnya secara resmi memulai proses produksinya pada tahun 2009.
Paul Kemp yang di peran kan oleh jonny deep sebelumnya adalah jurnalis dari koran The Times di New York. Karena kepenatan yang dia alami di New York, kemudian dia keluar dari koran The Times dan dia pindah ke Puerto Rico untuk melamar di kantor koran yang bernama The San Juan yang dipimpin oleh Edward J. Lotterman yang (Richard Jenkins). Koran ini adalah salah satu koran lokal yang menggunakan bahasa inggris. Tidak butuh waktu lama bagi Paul untuk dapat bertemu dan mendalami berbagai intrik sosial dan politik kotor yang terjadi di Puerto Rico. Tetapi pemimpin redaksi hanya ingin berita yang diliput adalah berita biasa yang netral dan tidak berbau politik sama sekali.
Paul tinggal bersama Sala (Michael Rispoli) di sebuah apartement yang sangat kumuh. Melalui Sala juga, Paul berkenalan dengan Hal Sanderson (Aaron Eckhart). Hal Sanderson adalah mantan jurnalis dari The San Juan yang kini beralih profesi sebagai pebisnis handal. Hal pun tahu bahwa Paul adalah seorang jurnalis yang pintar, dan juga tidak akan menolak sejumlah uang.Maka dari itu Hal pun menawari Paul sebuah proyek untuk menuliskan sebuah cerita fiksi tentang pembangunan sebuah resort mewah di salah satu pulau di Puerto Rico untuk menutupi semua keburukan sosial yang terdapat di sekitar pulau tersebut. Disitu pula Paul bertemu dengan seorang gadis yang bernama Chenault, Paul pun jatuh cinta kepada wanita tersebut. Chenault adalah pacar dari Hal. Paul pun terlibat cinta segitiga, yang kemudian justru memperumit hubungannya dengan Hal.


Tidak ada tampilan eksentrik dan tata rias tebal yang menutupi wajahnya, berperan sebagai seorang jurnalis yang hobi mabuk-mabukan, penonton mungkin akan masih mendapatkan getaran seorang Captain Jack Sparrow dalam usaha Johnny Depp untuk memerankan karakter Paul Kemp. Ini bukanlah masalah besar bagi Johnny Depp. Deep tetap mampu memberikan penampilan akting yang cukup memuaskan dalam film ini. Seperti halnya Depp, dengan seringai dan tatapan matanya yang tajam, Aaron Eckhart pun tak kalah hebatnya dalam memerankan karakter liciknya Hal Anderson. The Rum Diary juga mendapatkan sokongan kuat dari setiap pemerannya, mulai dari Amber Heard, Richard Jenkins, Michael Rispoli dan khususnya Giovanni Ribisi yang sekali lagi tampil dalam sosok karakter eksentrik/gila yang sering ia perankan namun tetap mampu tampil secara efektif.
Tapi film ini terkesan agak membosankan karena film ini menghadirkan banyak kisah yang berliku. Terlalu berliku untuk sebuah cerita yang mengkisahkan perjalanannya untuk menghantarkan ke sebuah kisah mengenai usaha pencarian jati diri seorang karakternya. terlalu monoton, dengan menghadirkan karakter-karakter yang terbatas sehingga kisahnya terkesan kurang menarik. Tidak ada masalah berarti dari tata produksi film ini. Penonton akan disajikan gambar-gambar indah pilihan sinematografer Dariusz Wolski akan alam luas Puerto Rico yang ditemani dengan tata musik yang sesuai karya komposer Christopher Young. Depp dan deretan pemeran lainnya juga mampu menghantarkan permainan akting mereka dalam film yang kemungkinan besar akan membutuhkan banyak kesabaran penonton untuk dapat mencernanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar