Rabu, 25 Juli 2012

Sejarah Gin




Dalam catatan sejarah Gin diciptakan pertama kali di belanda sekitar tahun 1650 oleh seorang yang bernama Dr Franciscus Sylvuis atau orang lebih mengenalnya dengan nama Franz De La Boe. Dia adalah seorang Profesor Kedokteran di leiden. Awal mula di buat nya minuman ini sebenarnya di maksudkan sebagai obat untuk gangguan ginjal. Dr Sylvuis  mencampur minyak runjung pohon juniper dengan minuman beralkohol hasil fermentasi serealia. Hasilnya berupa diuretika murah yang disebutnya jenewer (jenever). Nama minuman ini berasal dari bahasa Perancis, genévrier yang berarti pohon juniper.  Minyak runjung juniper diketahui memiliki khasiat pengobatan, di antaranya penambah nafsu makan, memiliki efek sedatif, dan mengurangi sakit kepala.
Pada masa Inggri di perintah oleh William dan Mary (sekitar 1689), rumah produksi Gin mendapatkan dukungan. Beberapa sumber mengatakan bahwa salah satu alas an untuk ini adalah fakta bahwa minuman Gin lebih aman. Bahkan lebih aman daripada air putih. Faktor lain yang mempengaruhi adalah biaya produksi dan distribusi dari Gin sendiri sangatlah murah. Biaya nya lebih murah dari bahan produksi Bir. Dengan demikian, Gin idientik dengan orang miskin dan penyalahgunaan minuman ini semakin merajalela. Bahka seorang seniman yang bernama William Hogarth menciptakan sebuah ukiran yang berjudul Lane Gin untuk menampilkan betapa merajalela nya penyalahgunaan Gin.
Inilah rincian sejarahnya secara singkat
1650
Franciscus Sylvuis seorang dokter dari kota Leiden-Belanda menciptakan Gin yang sebenarnya tujuan awalnya di gunakan untuk obat penderita penyakit ginjal.
Akhi r 1680
Belanda mengekspor Gin lebih dari 10 juta gallon per  tahun.
1690
Penduduk di kota London-Inggris mengkonsumsi 1 ½ juta gallon Gin.
1695
Pajak bir mulai di naik kan, sehigga membuat harga Gin sebagai minuman termurah.
1720
Kegilaan konsumsi Gin semakin menjadi-jadi. Bahkan di kalangan orang yang tergolong miskin, konsumsi nya pun terhitung berlebihan sekali.
1729
Untuk pertama kali parlemen mengeluarkan larangan mengkonsumsi Gin. Tapi aksi tersebut tidak bisa mengurangi konsumsi Gin di London.
1750
Masyarakat London mengkonsumsi kurang-lebih 11juta galon Gin per tahun nya.
1751
UU tentang kedai bir di sahkan oleh parlemen. Tindakan itu dilakukan dengan cara menghilangkan took-toko kecil yang berjualan Gin dan menaikkan harga dari distributor ke pengecernya. Dalam bebrapa tahun konsumsi turun menjadi 2juta galon per tahun.
Pertengahan Abad 19
Gin menjadi minuman terhormat untuk masyarakat kelas menengah di inggris. Dan minuman ini kualitas nya semakin bagus.
1860
Di tahun inilah Martini pertama kali di temukan. Martini lahir dari bartender di Occidental Hotel di San Fransisco. Yaitu sebuah capuran dari cheri, vermouth, es dan Old Tom (Gin Manis).
1870
Kualitas gin yang semakin baik,sehingga tonik di ciptakan untuk mengurangi rasa pahit dalam Gin. Di tahun ini pula martini ke dua tercipta.
1879
Pendirian Dirkzwager penyulingan di Schiedam, Belanda.
1912
Di tahun ini martini ke 3 lahir. Dari seorang bartender di Knickerbocker Hotel New York. Campuran dari Gin yang sama dengan Vermouth kering.
16 Agustus 1920
UU Volstead mulai berlaku. UU yang mengatur tentang pembuatan, penggunaan, dan penjualan minuman keras.
1934
UU Volstead di cabut.
 1976
Di amerika serikat konsumsi terhadap Gin di kalah kan oleh vodka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar